Berat badan adalah salah satu hal yang paling penting dalam menunjang penampilan seseorang, terutama kaum wanita. Berat badan berlebih kini menjadi problem utama para wanita. Banyak wanita yang merasa tidak percaya diri dengan berat badannya yang berlebih. Mereka merasa kecantikannya berkurang ketika berat badan berlebih.

Berat Badan Berlebih Dapat Mengganggu Kesehatan

Berat badan berlebih atau kegemukan atau obesitas memang kurang bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya mempengaruhi penampilan, tetapi juga berdampak buruk bagi kesehatan. Obesitas atau kegemukan merupakan penumpukan lemak yang berlebihan sehingga berat badan tubuh melampaui batas ideal.

Obesitas yang tidak segera ditangani akan memicu timbulnya penyakit. Lemak yang berlebih dalam tubuh akan mendesak pembuluh darah, sehingga jantung harus berusaha lebih keras agar sistem peredaran darah tetap lancar. Akibatnya terjadi kelelahan jantung dan memicu penyakit jantung koroner dan bisa berujung stroke.

Cara Menurunkan Berat Badan Berlebih Atau Obesitas

Setelah membaca ulasan mengenai obesitas di atas, bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih alangkah lebih baiknya untuk segera menurunkan berat badan. Anda tidak perlu khawatir dianggap berlebihan oleh orang lain ketika sedang melakukan program diet, karena tujuan Anda adalah untuk kesehatan. Namun perlu diingat bahwa Anda harus melakukan diet dengan cara yang benar. Karena banyak orang yang salah melakukan program diet sehingga berujung pada penyakit.

Untuk melakukan program diet, alangkah lebih baiknya jika Anda berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan hasil yang maksimal dan memastikan diet yang Anda lakukan adalah benar. Namun, ada beberapa tips dan cara menurunkan berat badan yang bisa Anda coba di rumah, yaitu:

  • Sarapan pagi

Banyak orang yang sedang melakukan program diet meninggalkan hal yang satu ini. Padahal, sarapan memiliki peranan penting untuk menurunkan berat badan. Orang yang tidak sarapan, pasti akan merasa kelaparan di jam makan siang. Hal ini membuat mereka makan dalam porsi yang cukup besar. Sehingga, asupan makan sangat banyak. Dengan sarapan pagi, Anda tidak akan terlalu merasa kelaparan sehingga pola makan terjaga.

  • Olahraga

Olahraga memiliki peranan penting dalam menjaga berat badan tubuh Anda. Olahraga yang teratur akan dapat membakar lemak-lemak jahat pada tubuh Anda. Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk senam aerobik, joging, ataupun bersepeda. Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu, Anda bisa melakukannya dengan cara perbanyak aktivitas fisik. Contohnya naik turun tangga di kantor.

  • Ganti makanan karbohidrat sederhana menjadi karbohidrat kompleks

Karbohidrat merupakan sumber energi utama tubuh. Banyak orang yang memilih tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali ketika program diet. Padahal itu adalah hal yang salah. Cara yang tepat adalah mengganti makanan karbohidrat sederhana menjadi karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana cenderung lebih sulit diserap tubuh sehingga akan ditimbun dalam bentuk lemak. Contohnya nasi, mie, dan pasta. Anda bisa menggantinya dengan beras merah, gandum, oatmeal, sereal dan kacang-kacangan. Karbohidrat kompleks akan lebih mudah diserap tubuh.

  • Perbanyak minum air putih

Air putih memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh. Air putih ternyata juga berperan penting dalam penurunan berat badan. Air putih akan meningkatkan hidrasi sel-sel tubuh yang akan menunjang metabolisme. Untuk program diet, lebih baik minum air putih 8 gelas sehari. Selain itu, Anda juga lebih baik minum air putih sebelum makan. Hal tersebut akan membantu Anda mengurangi porsi makan karena sudah merasa kenyang.

  • Kontrol asupan di malam hari

Pada malam hari, aktivitas Anda cenderung lebih sedikit. Sehingga Anda tidak terlalu membutuhkan karbohidrat. Untuk itu, sebaiknya hindari makan malam dengan makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Anda bisa menggantinya dengan makan sayur yang direbus dan buah-buahan. Hindari juga makanan yang diolah dengan cara digoreng karena mengandung banyak lemak yang tidak baik bagi tubuh.

  • Perbanyak konsumsi makanan berserat

Contoh makanan yang kaya akan serat yaitu kacang polong, alpukat, pisang, brokoli, kubis, pir, beras merah dan jagung. Makanan tersebut dapat membantu proses penurunan berat badan. Selain itu, makanan berserat dapat menurunkan kadar kolesterol dan menghindari endapan lemak pada pembuluh darah. Selain itu, makanan berserat juga membersihkan saluran pencernaan sehingga Anda terhindar dari gangguan pencernaan.

  • Minum air jeruk nipis di pagi hari

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang sangat banyak. Vitamin C akan menyerap kalsium dalam sel-sel lemak sehingga berat badan turun. Untuk itu jangan lewatkan minum air jeruk nipis ini setiap harinya.

  • Kurangi porsi makan dan jaga frekuensi makan

Mengurangi frekuensi makan adalah hal yang kurang tepat pada saat melakukan program diet. Hal yang benar adalah mengurangi porsi makannya. Jadi tetap makan tiga kali sehari namun dengan porsi yang kecil.

Itulah beberapa cara menurunkan berat badan yang bisa Anda terapkan mulai dari sekarang. Hal yang perlu diingat adalah semuanya membutuhkan proses. Tidak ada cara yang tiba-tiba dapat menurunkan berat badan secara drastis. Kalaupun ada, Anda patut waspada karena takut mengganggu kesehatan tubuh.

Kunci keberhasilan menurunkan berat badan atau diet adalah konsisten. Anda harus konsisten melakukan program diet. Karena jika tidak telaten akan sangat menentukan keberhasilan diet Anda. Selain itu, Anda juga harus meluruskan niat dan satukan tekad. Dengan begitu Anda tidak akan tergiur dengan hal-hal yang akan membuat berat badan Anda semakin bertambah.