Beberapa metode pengobatan polip hidung dapat anda lakukan sesuai dengan prosedur atau arahan dari dokter yang menangani anda. Silakan anda lakukan metode pengobatan polip hidung sesuai dengan yang disarankan oleh dokter.

Metode Pengobatan Polip Hidung

Metode Pengobatan Polip Hidung

Operasi polip hidung adalah pilihan terakhir jika berbagai usaha sudah dilakukan namun tetap tidak ada hasil. Sedangkan jaringan polip di hidung malah membesar atau tetap ada dan tetap mengganggu, maka tentu operasi harus dilakukan.

Mengenai polip hidung, jadi polip hidung ini adalah sebuah pertumbuhan jaringan berupa benjolan kecil pada dinding saluran pernapasan hidung.

Polip dapat membengkak dan menyebabkan sinus. Polip yang tumbuh besar pada permukaan lapisan saluran napas di hidung atau sinus bisa membuat anda kesulitan bernapas.

Gejala Polip Hidung

Kebanyakan polip hidung menyebabkan penderitanya menderita pilek dan bersin. Selain itu, orang yang menderita polip akan merasakan beberapa gejala lain seperti :

  • Terganggu nya indra penciuman.
  • Hidung tersumbat.
  • Ingus menetes dari hidung ke belakang sampai ke tenggorokan.
  • Wajah terasa nyeri atau sakit kepala.
  • Sakit gigi bagian atas.

Polip hidung ini dapat membuat anda jadi mudah terkena sinusits. Apalagi sampai membuat ingus anda bau busuk. Tentu dalam hal ini yang anda cari bukanlah obat ingus bau busuk di apotik, melainkan yang harus anda cari adalah obat polip hidung atau sinusitis.

Apa Saja Pengobatan Polip Hidung ?

Ada beragam cara atau tahapan mengobati polip hidung, yang diantaranya adalah :

Obat Tetes Hidung

Untuk mengobati polip hidung, maka dokter umum atau dokter THT akan memberikan anda obat tetes hidung atau semprot dari obat yang mengandung kortikosteroid. Obat tetes tersebut dapat mengatasi peradangan di hidung dan membantu mengecilkan polip.

Kortikosteroid

Dalam pengobatan polip, dokter juga akan memberikan langsung obat tablet kortikosteroid yang dipakai dengan cara di minum.

Melakukan Operasi

Apabila segala cara sudah dilakukan, maka cara terakhir adalah dengan melakukan operasi. Operasi ini sangat penting dilakukan, namun anda harus hati-hati karena operasi juga bisa berisiko dan berbahaya.

Setelah anda selesai melakukan operasi, maka anda akan mengalami pendarahan sehingga anda harus di rawat di rumah sakit. Namun jika tidak terjadi pendarahan, maka anda bisa pulang.

Setelah selesai melakukan operasi, maka anda juga diharuskan untuk melakukan istirahat total selama 2 minggu untuk pemulihan.

Semua operasi tentu punya risiko, begitu juga dengan operasi polip. Risiko yang umum terjadi adalah perdarahan pada hidung. Melakukan operasi bukan jaminan polip tidak akan tumbuh lagi.

Ketika anda terkena polip, maka sangat disarankan untuk anda mengkonsultasikan tentang beberapa pengobatan polip yang akan anda lakukan. Apabila setelah operasi malah ada masalah lain di hidung atau pernapasan anda, maka segera hubungi dokter.