Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sering mendapatkan perawatan. Fungsi utama dari kulit sendiri adalah sebagai pertahanan tubuh pertama dari berbagai benda asing yang masuk ke tubuh. Oleh karena itu, jika kulit terbuka atau terinfeksi, bakteri dan virus dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh. Selain sebagai pertahanan tubuh, kulit juga menjadi salah satu hal yang paling diperhatikan dalam menunjang penampilan.

Kulit yang mulus dan bersih, tentu akan menambah pesona penampilan, terutama kaum wanita. Yah, wanita memang sangat memperhatikan kebersihan kulitnya. Bahkan mereka rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit demi mendapat kulit putih, halus dan cerah. Mereka juga sangat rajin menjaga kebersihan kulit. Salah satunya dengan menggunakan. Jadi, jangan heran jika perempuan mandinya lama.

Selain kulit badan, kulit wajah juga merupakan bagian yang paling tidak terlupakan untuk dirawat. Mendapatkan wajah cantik jelita adalah dambaan setiap wanita. Mereka sering sekali pergi ke salon ataupun klinik-klinik kecantikan untuk merawat wajahnya. Tidak hanya itu saja, mereka juga banyak sekali menggunakan produk-produk skin care demi mendapat kulit wajah yang mempesona.

Pentingnya Merawat Kulit Di Malam Hari

Merawat kulit wajah memang sangat dianjurkan. Terlebih lagi di zaman yang serba polusi saat ini. Panas sinar matahari yang semakin terik dapat dengan mudah merusak sel-sel kulit wajah Anda. Belum lagi polusi udara yang membuat debu-debu jalanan menempel pekat di wajah. Jika hal tersebut dibiarkan, tentu akan mendatangkan masalah pada kulit wajah seperti jerawat, komedo, kulit kering dan lain sebagainya.

Melakukan perawatan di salon saja rasanya belum cukup untuk kulit Anda. Jika Anda tidak rutin merawatnya di rumah, hasilnya tentu kurang maksimal. Tahukah Anda jika merawat kulit di malam hari sebelum tidur sangat penting? Banyak orang yang malas dan menganggap merawat kulit di malam hari adalah hal yang tidak penting. Padahal di malam hari kulit lebih aktif beregenerasi dibandingkan di pagi hari.

Cara Merawat Kulit Di Malam Hari

Apabila Anda melakukan perawatan kulit di malam hari, akan membuat kulit Anda lebih sehat, bersih, lembut dan terhindar dari keriput. Beberapa tips merawat kulit di malam hari sebelum tidur yaitu:

  1. Menggunakan cleansing milk

Cleansing milk bermanfaat untuk mengangkat kotoran dan sisa-sisa make up di wajah. Usapkan cleansing milk pada wajah, lakukan sedikit pijatan. Kemudian bersihkan dengan kapas. Anda juga bisa menggunakan make up remover. Caranya tuang make up remover ke kapas, kemudian usapkan di wajah sampai bersih.

  1. Menggunakan air hangat

Sebelum menggunakan facial foam, usapkan wajah Anda dengan air hangat. Hal ini bertujuan untuk membuka pori-pori wajah Anda. Dengan begitu kandungan yang ada dalam pembersih akan meresap dan kotoran dapat terangkat.

  1. Menggunakan facial foam atau pembersih muka

Setelah menggunakan cleansing milk, lanjutkan dengan menggunakan facial foam atau pembersih muka yang biasa Anda gunakan. Caranya basahi wajah Anda dengan air bersih, tuang facial foam pada telapak tangan. Lalu usapkan pada wajah sampai menyeluruh. Kemudian bilas dengan air sampai bersih.

  1. Menggunakan toner

Untuk menutup kembali pori-pori wajah yang terbuka, Anda bisa menggunakan toner sebagai pendinginnya. Toner juga berguna untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang masih tertinggal. Caranya tuangkan toner pada kapas, kemudian usapkan pada wajah.

  1. Menggunakan moisturizer

Moisturizer berguna untuk melembapkan kulit wajah. Jadi moisturizer ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kulit wajah yang kering. Pelembab yang terkandung di dalamnya berguna untuk meregenerasi kulit.

  1. Menggunakan vitamin atau serum

Vitamin dan serum sering kali digunakan pada siang hari. Jika Anda menggunakan di malam hari tidak masalah. Justru akan mendapatkan hasil yang lebih baik.

  1. Menggunakan masker

Masker digunakan cukup sekali dalam satu minggu. Masker ini tidak dianjurkan digunakan bersama dengan krim malam. Untuk mendapatkan

  1. Menggunakan krim malam

Krim malam berguna untuk mengurangi keriput dan penuaan dini. Pada usia 30 – 40 tahun akan muncul keriput, sehingga Anda wajib menggunakan krim malam yang mengandung anti aging. Anda juga harus memastikan krim yang Anda gunakan tidak mengandung merkuri ataupun zat berbahaya.

Itulah beberapa cara merawat kulit pada malam hari sebelum tidur. Hal yang perlu ditekankan adalah jangan lupa membersihkan make up sebelum tidur. Karena jika tidak dibersihkan, make up yang dibawa tidur akan memberikan dampak negatif pada kulit seperti munculnya jerawat. Selain itu, zat-zat kimia dalam make up lebih banyak diserap.

Perawatan kulit di atas harus mulai Anda biasakan dari sekarang agar menghasilkan kulit yang sempurna. Hal yang perlu diingat lagi adalah gunakan produk yang aman dan sesuai dengan kulit Anda.